Ujian atau Ulangan

Di hari yang cerah ini (di Bandung lagi cerah lho).. saya menyelenggarakan ujian untuk siswa-siswa saya.. Soalnya saya buat mudah, dengan harapan cukup banyak siswa yang memperoleh nilai tinggi. Mudah, menurut saya, juga mudah mungkin bagi sebagian siswa. bentuk soal yang diujikan ada empat, yaitu pilihan ganda, menjodohkan, jawaban singkat dan TTS (teka teki silang a.k.a cross word).

Selesai ujian saya mengumpulkan beberapa siswa untuk membantu memeriksa. sebab jika saya periksa sendiri, takutnya tidak terkerjakan, karena kesibukan tesis dan mungkin blogging (hehehe…. nggak ding… bloggi jarang juga).. suasana pemeriksaan berlangsung heboh, karena beberapa siswa terjebak dengan pertanyaan yang saya buat. memang saya buat beberapa pertanyaan yang menjebak, untuk mengetahui pemahaman akan konsep yang diujikan.

selesai diperiksa, dilanjutkan dengan penilaian, dan rekap penilaian. rekap penilaian saya lakukan sendiri. dan alangkah terkejut ternyata hanya sekitar 15 persen saja yang memiliki nilai diatas nilai KKM. oh sedihnya…

saya berpikir mungkin soalnya terlalu susah, tetapi dari jajak pendapat singkat yang saya lakukan, ternyata tidak juga. atau mungkin karena mereka (siswa) tidak paham akan konsep materi? yang ini lebih mungkin, menurut jajak pendapat, memang beberapa siswa kurang paham akan konsepnya. Memang untuk materi yang diujikan kali ini saya tidak terlalu menjelaskan dengan dalam, hanya dasar-dasarnya saja. rupanya siswa saya tidak bisa mengikuti gaya ngajar baru saya. jadi harus direvisi deh cara ngajarnya…

beberapa pelajaran moral saya petik pagi ini

  1.  mudah menurut anda, belum tentu mudah untuk orang lain
  2. kalo ingin mendapatkan hasil evaluasi yang bagus, lakukan ulangan jangan ujian. sebab dalam hal ini sedikit berbeda. (baru nyambung dengan judul). ulangan lebih bersifat mengulang. sedangkan ujian merupakan penerapan konsep-konsep yang telah dipelajari. mungkin kasusnya belum pernah diberikan. tetapi alat penyelesaian kasusnya sudah tahu.

Dalam kehidupan seharu-haripun kita selalu menghadapi ujian (bukan ulangan).. mungkin beberapa ulangan.. tetapi lebih banyaknya ujian. begitupun hari ini. siswa-siswi saya, saya uji dengan satu set soal. dan Allah menguji saya dengan hasil ujian siswa-siswi yang kurang memuaskan.

Bagaimana dengan ujian anda?

9 Responses to Ujian atau Ulangan

  1. HeLL-dA says:

    Iya, Pak, terkadang memang seperti itu, mudah menurut kita belum tentu bagi orang lain.
    Oleh karena itu orang lain seharusnya mampu kita buat supaya memahami kita.
    :wink:

  2. namada says:

    dulu pas masih SMA, pasti smua orang nyebutnya ulangan, bukan ujian :D

  3. rivafauziah says:

    Bandung dalam kenangan. Selama 2 hari dibandung, mulai dari perbaikan nilai SKS sampai persiapan Sidang, merupakan hari2 yang mendebarkan.. Biar tetap Fress!! Kita Bela-Belain cari penginapan gara2 Perjalanan Cianjur- Bandung lumayan jauh dan Capek..
    Alhamdulillah.. Selesai sudah dan terlalui dengan lancar..

    Salam.. BLoGGer Cianjur

  4. nameeman says:

    iya gw jga bingung???
    ulangan ato ujian???

    salam kenal,,

    http://www.nameeman.wordpress.com

  5. idris says:

    T_T

    huu…huu…

    kenapa yaa…???

  6. Alex says:

    ujian membuat sy semakin dewasa dan semakin mengenal Allah :)

    thanks ya mas, udah mampir di blog sy. salam kenal

  7. Rita says:

    Kalo di sd smp smu ulangan biasanya sering dilakukan… Ujiannya pas mau lulus tiap jenjang pendidikan:D tapi biasanya orang gak memperhatikan namanya, Ujian atau ulangan dianggap sama aja…
    Yang pasti mudah buat kita belum tentu buat orang lain apalagi dibarengi denga tingkat kedewasaan dan usia….

  8. Sakuya says:

    Lain kali

    tidak akan begini…

    Hauuuuu…

  9. wyd says:

    saya pilih kata ujian. karena soal saya ga pernah berulang, selalu soal baru tetapi dengan konsep dan teori yang sama. kalau ulangan, kecenderungan soal yang sama bisa diberikan pada siswa tahun berikutnya

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

