Vermeil

October 31, 2008

Tahukan anda apa itu vermeil?

sejenis hewan. salah.

sejenis tumbuhan. salah juga.

bagian tubuh yang …, bukan juga.

jadi apa atuh.
Read the rest of this entry »


Save as PDF di Word

October 22, 2008

Software microsoft word tentu sudah tidak asing lagi. Bahkan software ini menjadi software paling populer dalam pengolahan kata. Kita tahu semua kalo secara default, Word akan menyimpan file dalam bentuk .doc.
Read the rest of this entry »


Belajar dari Jamur

October 22, 2008

Ketika membaca sebuah artikel online buah tangan Hernowo, saya terkejut, ada sebuah buku karangan seorang doktor Thailand yang berjudul Belajar dari Monyet. Ternyata, isinya cukup menggugah –menurut Hernowo. Diceritakan bahwa, sebenarnya banyak hal yang bisa kita pelajari dari makhluk yang satu ini. Dari sini saya kemudian berfikir, bahwa segala sesuatu yang Tuhan ciptakan bisa kita jadikan bahan bertafakur –merenung. Merenung, tentunya untuk memahami mahkluk tersebut dan membuat kita menjadi lebih baik.

  Read the rest of this entry »


Sama dengan 10

October 21, 2008

Ini semua tentang itung-itungan. Dan semuanya pasti bisa, lha wong cuma ngejumlahin aja, istilahnya ni.. anak SD juga bisa. Apa yang kita itung jumlahnya akan sama dengan 10. Gampang kan.

OK, let’s begin.

1+9=10 (satu ditambah sembilan sama dengan sepuluh)

2+8=10 (dua ditambah delapan sama dengan sepuluh)

3+7=10 (tiga ditambah tujuh sama dengan sepuluh)

4+6=10 (empat ditambah enam sama dengan sepuluh)

5+5=10 (lima ditambah lima sama dengan sepuluh)

udah….

so apa yang unik… Ada …..

Kalo kita perhatikan, angka itu ada dari 0 sampai 9. sekarang coba jumlahkan dua angka dari angka 1 sampai 9 yang jumlahnya sepuluh !

Ternyata dua angka tersebut memiliki HURUF depan yang sama..


Ngajar… oh ngajar

October 20, 2008

Hari jum’at kemaren saya ngajar yang pertama kalinya setelah libur lebaran. Sebenernya hari jum’at sebelumnya harusnya ngajar, tapi saya sakit, jadi saya cancle. Akibatnya kelas saya digantikan oleh teman pengajar lainnya. Ketika saya masuk kelas, seperti kelas sebelumnya saya mengucapkan ucapan dari hati untuk meminta maaf pada murid-murid saya.
Read the rest of this entry »


Setiap saat, setiap detik

October 15, 2008

Informasi ini saya peroleh dari Harun Yahya. Aslinya sih dalam bentuk file animasi Flash. Isinya cukup untuk bahan renungan. Setelah saya baca, hanya ada satu kata terucap, Subhanallah. Sungguh HEBAT ALLAH mengatur ini semua. Semuanya hanya dalam 1 detik, dan setiap saat.

  • 8000000 (8 juta) sel mengalami kematian dalam tubuh anda
  • 8000000 (8 juta) sel baru diciptakan untuk menggantikan sel-sel mati tersebut
  • Masing-masing sel membuat sekitar 2000 protein
  • Read the rest of this entry »


Bilangan Prima Terbesar

October 14, 2008

OK let’s begin !

Ini dia tulisan pertama saya di blog ini. Mungkin bagus, mungkin juga nggak bagus. So, minta tanggapannya.

Kemaren, setelah cuap-cuap di depan kelas, saya kembali ke ruang guru dan ngobrol dengan teman yang lagi iseng-iseng cari info lowongan kerja di web, pengen jadi pns katanya. Tanpa sengaja, teman saya itu menemukan artikel menarik tentang bilangan prima. Tanpa pikir panjang saya langsung buka laptop dan segera mencari informasi sebanyak mungkin tentang bilangan prima tersebut. Informasi itu saya tulis ulang. ini dia

Tentunya anda sudah mengenal bilangan prima. 2, 3, 5, … adalah tiga bilangan prima pertama. Saya ingat waktu di SD dulu, guru saya ngajarin saya, kalo bilangan prima adalah bilangan yang hanya dapat dibagi satu dan bilangan itu sendiri.

Di dunia ini ternyata ada orang-orang yang tergila-gila untuk mencari bilangan prima terbesar. Adalah seorang matematikawan Perancis, Marin Mersenne yang memulai penyelidikannya pada abad ke-17. Beliau kemudian merumuskan satu persamaan untuk mencari bilangan prima, yaitu 2 pangkat P dikurangi 1 dengan P yang juga bilangan prima.
Read the rest of this entry »