Bilangan Prima Terbesar

OK let’s begin !

Ini dia tulisan pertama saya di blog ini. Mungkin bagus, mungkin juga nggak bagus. So, minta tanggapannya.

Kemaren, setelah cuap-cuap di depan kelas, saya kembali ke ruang guru dan ngobrol dengan teman yang lagi iseng-iseng cari info lowongan kerja di web, pengen jadi pns katanya. Tanpa sengaja, teman saya itu menemukan artikel menarik tentang bilangan prima. Tanpa pikir panjang saya langsung buka laptop dan segera mencari informasi sebanyak mungkin tentang bilangan prima tersebut. Informasi itu saya tulis ulang. ini dia

Tentunya anda sudah mengenal bilangan prima. 2, 3, 5, … adalah tiga bilangan prima pertama. Saya ingat waktu di SD dulu, guru saya ngajarin saya, kalo bilangan prima adalah bilangan yang hanya dapat dibagi satu dan bilangan itu sendiri.

Di dunia ini ternyata ada orang-orang yang tergila-gila untuk mencari bilangan prima terbesar. Adalah seorang matematikawan Perancis, Marin Mersenne yang memulai penyelidikannya pada abad ke-17. Beliau kemudian merumuskan satu persamaan untuk mencari bilangan prima, yaitu 2 pangkat P dikurangi 1 dengan P yang juga bilangan prima.

Saking tergila-gilanya, sampai ada satu organisasi yang bernama Electronic Frontier Foundation’s (EFF) yang menyediakan dana 100.000 US Dollar bagi siapa saja yang menemukan bilangan prima terbesar. Hadiah ini terakhir diberikan kepada matematikawan dari UCLA karena mereka berhasil menemukan bilangan prima terbesar saat ini.

Bilangan prima ini mempunyai panjang hampir 13 juta digit atau lebih tepatnya 12,978,189 digit. Ini adalah bilangan prima terbesar yang diketahui hingga saat ini. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana mereka dapat menemukan bilangan yang sangat besar? Ternyata hanya berupa kalkulasi komputer. Kita pun bisa ikut serta dalam projek ini. Ada software yang bisa didownload di http://www.mersenne.org. Dengan menginstal software tersebut dalam komputer kita, maka setiap kita online, komputer kita diminta untuk mengkalkulasi perhitungan yang diperintahkan dari server.

Ada yang pengen tau bilangan prima terbesar?. Jangan kaget, klik disini saja, tapi agak lama, karena menurut klaim pemiliknya, halaman ini besarnya hingga 16 Mb.

Yuk, kita berburu bilangan prima, kan lumayan hadiahnya 100 ribu US Dollar, kalo dirupiahkan mungkin bisa sampai 1 M. Wuihhh….

Mau?

One Response to Bilangan Prima Terbesar

  1. Mang Kumlod says:

    Hmmm…
    Seprima apa sih bilangan prima ini sampai dicari yang terbesar.
    Kenapa angka 1 ga disebut bilangan prima terkecil Ko?
    Gara2 bilangan prima, UTS gw gagal jadi 100. Ga pernah tuh gw dapet 100, eh pas mau dapet salah)

Leave a Reply

