Vermeil

Tahukan anda apa itu vermeil?

sejenis hewan. salah.

sejenis tumbuhan. salah juga.

bagian tubuh yang …, bukan juga.

jadi apa atuh.

Vermeil itu adalah medali. wah medali… bukannya medali itu cuma tiga, emas (gold), perak (silver) dan perunggu (bronze). ya.. dikebanyakan ajang atau pertandingan2, memang hanya tiga medali yang dibagikan. tetapi ada satu ajang (baca: pertandingan) yang didalamnya juga memberikan medali vermeil. ada yang tahu? Pameren Filateli.

Ada yang belum tahu filateli? Filateli adalah hobi mengumpulkan benda-benda pos, lebih tepatnya benda-benda filateli. nanti suatu saat saya perkenalkan benda-benda filateli. sayang, hobi ini mulai ditinggalkan oleh penggemarnya di Indonesia. karena perkembangan teknologi yang tidak bisa dibendung, sekarang ini, pamor filateli menjadi semakin redup, tetapi di mata penggemarnya justru semakin mengasyikkan, karena boleh jadi tidak semua orang (saat ini) tahu tentang prangko.

Baru-baru ini, di Jitex (Jakarta International Exibition), di mangga dua, diadakan pameran Filateli tingkat dunia dan tingkat nasional. lebih dari 1000 panil terisi oleh koleksi para kolektor kelas berat dari lebih 30 negara. satu panil terdiri dari 16 halaman.

Saya pun ikut ambil bagian pada acara ini, tetapi saya hanya ikut yang tingkat nasional aja. Untuk yang tingkat nasional, kalo nggak salah ada sekitar 70 koleksi. koleksi saya dipajang disudut ruangan, sayang nggak eye catching, tapi mudah-mudahan banyak yang liat.

koleksi saya termasuk kategoti tematik, yaitu koleksi yang didalamnya dipajang benda-benda filateli yang setema. tema yang saya ambil adalah burung (bird). dengan judul koleksi Feathered Family. benda paling tua kalo nggak salah ada yang berumur lebih dari 100 tahun, seribu delapan ratus sekian lah..

Nah.. berdasarkan hasil penilaian juri, jurinya ada tiga orang, dua orang bandung dan satu orang makasar, koleksi saya dinobatkan memperoleh medali vermeil. dalam filateli, medali paling tinggi adalah larg gold (96-100), gold (90-95), large vermeil (85-89), vermeil (80-84), dst..

koleksi ku nilainya 80… hahahaha pas, dapet vermeil.

ya.. inilah salah satu keasyikan hobi filateli, selain berburu benda-benda filateli. saya sendiri sebenarnya sudah agak vakum dari filateli sejak menikah dulu.. budgetnya sekarang lebih ke keluarga.. tapi tetep saja, hobi ini memiliki daya tarik sendiri, apalagi kalo udah ngumpul dengan filatelis seindonesia

bagaimana dengan hobi kamu ?

5 Responses to Vermeil

  1. hmcahyo says:

    ohh kirain jenis email yang salah masuk:mrgreen:

  2. Mang Kumlod says:

    Ko, malah dengan berkembangnya teknologi, filatelist (maksudnya orang yg bergelut di bidang filateli, apa tuh istilahnya?) semakin bisa menunjukkan existensinya. Temen kantor gw, buka account flickr or Picassa untuk memajang koleksinya (discan dulu sih). Kemudian mereka bertukar2an koleksi sama orang lain di seluruh dunia. Kalau gw tau ente suka, gw kasih tuh oleh2 pas backpacking… Hihihi…8x Nanti deh kalau jalan2 lagi, gw bagi…

  3. Odie says:

    wah, ane dulu hobi ngumpulin tutup teh botol, tapi sekarang ilang enteh kemana, kata emak saya, lebih mirip sampah daripada barang koleksi..hehehe

  4. ai says:

    mirip nama permen ya😀

  5. ekoph says:

    # Mang Kumlod
    iya atuh… nanti kalo mang jalan-jalan lagi, bawa prangko…

    # Odie
    emang hobi orang aneh-aneh. temen saya ada yang ngumpulin peneng. tau peneng?

    # ai
    permen apa?

Leave a Reply

