Kecerdasan Anda…

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Howard Gardner mengusulkan bahwa seseorang dapat memiliki berbagai kecerdasan, teorinya kemudian dikenal dengan Multiple Intelligence. Teori Multiple Intelligence menjelaskan 8 kecerdasan yang dapat dimiliki oleh seseorang, yaitu :

  1. Kecerdasan linguistik, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan verbal. Orang yang memiliki kecerdasan linguistik cenderung piawai dalam menulis, membaca, berbicara, dan juga berdebat.
  2. Kecerdasan logika matematika, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam perangkaan, pengenalan pola, dan bermain dengan argumentasi yang logis.
  3. Kecerdasan spasial, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan untuk berpikir secara ‘meruang’ atau menciptakan dan menyususn kembali suatu citra atau situasi tertentu. Orang yang memiliki kecerdasan ini akan piawai dalam menggambar.
  4. Kecerdasan musikal, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan seseorang menciptakan irama.

http://www.newhorizons.org

  1. Kecerdasan kinestetik, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan seseorang menggerakkan tubuh atau hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas fisik.
  2. Kecerdasan interpersonal, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk menjalin hubungan dengan orang lain.
  3. Kecerdasan intrapersonal, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam memahami dirinya. Orang uang memiliki kecerdasan ini mampu merenungkan dirinya dan kemudian mengekspresikan dirinya secara kuat.
  4. Kecerdasan naturalis, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan bergaul dengan alam secara harmonis.

Anda temasuk orang yang memiliki kecermasan menonjol (lebih) yang mana?

10 Responses to Kecerdasan Anda…

  1. mang kumlod says:

    Hmm… sering dapet dari acara Ayah Edy sama Pak Bambang Sumanjaya, tapi susah mencerminkan pada diri sendiri.

    Mungkin kecerdasan logika lebih menonjol. Coba kita test, 1+1=2. Hmmm… sepertinya sih iyah…😛

  2. Risti says:

    Salam kenal ya, thanks for visiting my blog. Postnya menarik, pertanyaan saya [ tp ga hrs dijawab ko kl sibuk hehe] terbentuknya kecerdasan itu lebih dominan karena faktor keturunan atau faktor lingkungan (termasuk perilaku keluarga,sekolah,dll)

  3. namada says:

    saia pernah mbaca ini..sering ke gramedia sie😀
    trims and thanks for sharing

  4. Odie says:

    eee…kecerdasan verbal, gak jago2 amat, logika, juga gak full, spasial gak sama sekali, musikal setengah setengah, kinestetik, walah…gak juga, interpersonal…bbeegghhh…hehehe, bingung ah, yg jelas, kemampuan intrapersonal ane masih kurang ya,,,
    wakakakak…
    postingnya keren…😀

  5. kayaknya no 4🙂

    kalau Ekoph yang mana nih ?

    met wiken ya

  6. Kecerdasanmku Auto Didak…..maklum rancang bangunnya berbakat auto didak jadi kalo disuruh nge-ROM susah

  7. cantigi™ says:

    mas eko pasti mengerti, kesempurnaan itu milik siapa, sementara kita ini kan cuma amanah aja.. ^_^

  8. nh18 says:

    Hmm Howard … si Multyple lagi nih …
    Kalo aku … jelas Musik …
    ada testnya tuh sepertinya, gratis lagi … walupun keakuratannya juga masih tanda tanya

    Salam saya
    NH

  9. enjangg says:

    wah,,posting commentnya ko udah jadul smua..
    hehehe

    kecerdasan logika math,, spacial,,paling isa diantara yang lain..

    namun ak ngrasa kecerdasan linguistik yg kurang..

    hm..ap ada hubungan di antara keduanya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: