Pemilu Bingung !

Sebentar lagi Pemilu legislatif. Tanggal 9 April menjadi tanggal yang sakral bagi para calon legislatif. Nasib ditentukan pada hari H tersebut. Ada yang akan memikul amanah dari rakyat dan seharusnya ada legowo menerima kekalahan. 

Partai peserta Pemilu berjumlah 44 partai, yang terdiri dari 38 partai nasional dan 6 partai lokal Aceh. Masih ingat jelas dalam benak saya ketika tahun 2004, yang ketika itu, kita hanya memilih partai saja. pusing tujuh keliling. apalagi sekarang harus memilih calon legislatif. Bagi saya mungkin menjadi tidak terlalu pusing, karena akses informasi mudah diperoleh, lalu bagaimana dengan yang berada di daerah?

Hal lain, adalah cara memilih. dulu kita sudah terbiasa memilih dengan cara mencoblos. lalu tiba-tiba sekarang aturan yang sudah mendarah daging bagi sebgain besar masnyarakat Indonesia, diubah menjadi dicontreng. sekali lagi untuk penduduk perkotaan, mungking tidak masalah, tapi bagaimana dengan sahabat-sahabat kita yang berada di pelosok?

Beberapa waktu lalu, saya bersama teman-teman dari Partai Kanan ataS mencoba melakukan sosialisasi pemilu. tempat yang kita pilih adalah di kelurahan Setiamanah Cimahi. sudah tau dong kalo cimahi ini sudah menjadi Kota. tapi apa yang kami temukan? ternyata banyak warga yang belum mengetahui cara memilih pada pemilu sekarang! wah kaget bukan main, pada ini Kota. lalu kami juga mencoba memperagakan cara memilih. kami bawa duplikat kertas suara, ketika kami buka, banyak warga yang mengomentari ukuran kertas suara yang sebesar kertas koran, belum lagi cara melipatnya yang membingungkan.

Ada satu penelitian yang menghasilkan bahwa seorang pemilih memerlukan waktu sekitar 3 – 4 menit untuk berada di bilik suara. jika dalam satu TPS ada 400 pemilih dan memiliki 4 bilik, maka proses pemilihan berlangsung sekitar 6 jam tanpa henti. wuih… cukup melelahkan bukan? belum lagi proses penghitungan suara. Ingatkah kawan, tahun 2004 yang hanya memilih partai, proses penghitungan suara bisa berlangsung hingga tengah malam. lha sekarang bagaimana?

Selain pemilih, ternyata KPU sendiri masih bingung dalam mempersiapkan pemilu kali ini. misalnya dalam penentuan suara sah. awalnya KPU membuat peraturan bahwa suara sah adalah yang hanya sekali contreng. tapi kemudian diperbaharui bahwa kartu suara yang dicontreng dua kali pada nama dan nomor partai juga dianggap sah, dan beberapa hal lain yang menyangkut sahnya suara.

Jadi demokrasi yang sedang kita bangun, kita bangun di atas kebingungan. tapi walaupun bingung semoga kehidupan berdemokrasi kita semakin dewasa, semakin baik, semakin memikirkan rakyat. Tapi sahabat jangan bingung milih partainya, saran saya pilih saja Partai Kita Semua yang Peduli Kepada Sesama, nanti di bilik suara partai ini ada di nomor 8 (depalan) letaknya ada di Pojok Kanan ataS.

4 Responses to Pemilu Bingung !

  1. Ikkyu_san says:

    hihihi
    kalo aku ngga usah antri deh pokoknya
    secara surat suara dikirim ke rumah.
    Kalo ngga nyampe? ya golput deh

    EM

  2. achoey says:

    Nomor Delapan memang terdepan dalam kepedulian

    Andai ada yang lebih baik dari PKS🙂

  3. nh18 says:

    Beuh …
    Aku juga jeh …
    Aku ndak bisa membayangkan …
    musti membuka kertas suara yang seperti koran itu …
    dan aku dengar … jumlah nya 3 lembar … untuk keperluan yang berbeda-beda …

    hhmmm
    Salam saya Mas EKO

  4. mangkum says:

    Loh ada pesan sponsornya toh… hehehehe…8x

    Duh gawat juga ya, sekedar untuk memilih aja teknisnya udah banyak yang belum tau. Ga ngaruh dong kampanye-kampanyean, cuz jatohnya para pemilih kebingungan. Tapi katanya biar ga bingung, kertas suaranya jangan dibuka semua, cukup buka lipatan sekali lalu tandain yang pojok kanan atas…. hehehe…8x

    ekoph:
    yup bener sekali, Pojok Kanan ataS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: