Akhirnya terbit juga

December 3, 2008

Satu novel yang ditunggu-tunggu oleh berjuta-juta orang akhirnya terbit juga. tadi pagi lagi blogging, nggak sengaja mampir ke blognya andrea hirata. dan halaman utamanya menampilkan cover novel terakhir dari tetralogi Laskar Pelangi, Maryamah Karpov.

maryamah

Dan tahu kah kawan apa yang terjadi setelah itu.. saya langsung cabut dari lab dan langsung menuju toko buku langganan. dan sekarang barang bukti itu sudah berada dalam genggaman dan siap dilahap.

Buku setebal 504 halaman dibandrol dengan harga Rp. 79.000. Toko buku yang saya kunjungi sangat berbaik hati, dengan memberikan diskon 20% untuk buku tersebut.

Untuk yang belum punya, saya tuliskan cuplikan yang ada di back covernya

“Jika dulu aku tak menegakkan sumpah untuk sekolah setinggi-tingginya demi martabat ayahku, aku dapat melihat diriku dengan terang sore ini: sedang berdiri dengan tubuh hitam kumal, yang kelihatan hanya mataku, memegang sekop menghadapi gunungan timah, mengumpulkan napas, menghela tenaga, mencedokinya dari pukul delapan pagi sampai magrib, menggantikan tugas ayahku, yang dulu menggantikan tugas ayahnya. Aku menolak semua itu! Aku menolak perlakuan buruk nasib kepada ayahku dan kepada kaumku. Kini Tuhan telah memeluk mimpiku. Atas nama harkat kaumku, martabat ayahku, kurasakan dalam aliran darahku saat nasib membuktikan sifatnya yang hakiki bahwa ia akan memihak kepada para pemberani.”

Keberanian dan keteguhan hati telah membawa Ikal pada banyak tempat dan peristiwa. Sudut-sudut dunia telah dia kunjungi demi menemukan A Ling. Apa pun Ikal lakukan demi perempuan itu. Keberaniannya ditantang ketika tanda-tanda keberadaan A Ling tampak. Dia tetap mencari, meski tanda-tanda itu masih samar.

Hmmmm nampaknya akan tidak bisa berhenti membaca sebelum selesai. Selamat membaca…

Advertisements

Sehat atau Sakit ?

December 2, 2008

Jika ada yang bertanya : lebih baik sehat atau sakit? mungkin orang-orang akan menjawab lebih baik sehat. ya benar.. sebab dalam keadaan sehat, kita bisa melakukan banyak hal.

tapi bagaimana jika seperti ini. sehatnya justru menjauhkan dari nilai-nilai kebaikan, sehatnya justru menjauhkan kita dari berbuat kebaikan, justru sehatnya menjauhkan kita dari Allah SWT. tapi sakitnya justru mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, sakitnya justru menyadarkan kita untuk segera berbuat kebaikan sekecil apapun.

Dan inilah, yang Allah berikan kepada saya akhir pekan lalu. Allah dengan kasih sayangnya menyadarkan saya dengan sakit. sungguh tidak diduga, sebab siang harinya masih segar bugar, tetapi malam harinya jatuh sakit. Allah menyadarkan saya untuk berbuat kebaikan. Allah menyadarkan untuk segera merapat kepadaNya. Allah menyadarkan saya untuk menjauhi larangannya. Allah sedang sayang kepada saya.

kembali ke pertanyaan awal lebih baik sehat atau sakit? kalo saya lebih memilih sehat melakukan berbagai hal yang mendekatkan diri kepada Allah. tentu. Bagaimana dengan anda?

(BTW. Alhamdulillah sekarang udah baikan… udah bisa ngajar lagi)


Ujian atau Ulangan

November 29, 2008

Di hari yang cerah ini (di Bandung lagi cerah lho).. saya menyelenggarakan ujian untuk siswa-siswa saya.. Soalnya saya buat mudah, dengan harapan cukup banyak siswa yang memperoleh nilai tinggi. Mudah, menurut saya, juga mudah mungkin bagi sebagian siswa. bentuk soal yang diujikan ada empat, yaitu pilihan ganda, menjodohkan, jawaban singkat dan TTS (teka teki silang a.k.a cross word).

Selesai ujian saya mengumpulkan beberapa siswa untuk membantu memeriksa. sebab jika saya periksa sendiri, takutnya tidak terkerjakan, karena kesibukan tesis dan mungkin blogging (hehehe…. nggak ding… bloggi jarang juga).. suasana pemeriksaan berlangsung heboh, karena beberapa siswa terjebak dengan pertanyaan yang saya buat. memang saya buat beberapa pertanyaan yang menjebak, untuk mengetahui pemahaman akan konsep yang diujikan.

selesai diperiksa, dilanjutkan dengan penilaian, dan rekap penilaian. rekap penilaian saya lakukan sendiri. dan alangkah terkejut ternyata hanya sekitar 15 persen saja yang memiliki nilai diatas nilai KKM. oh sedihnya…

saya berpikir mungkin soalnya terlalu susah, tetapi dari jajak pendapat singkat yang saya lakukan, ternyata tidak juga. atau mungkin karena mereka (siswa) tidak paham akan konsep materi? yang ini lebih mungkin, menurut jajak pendapat, memang beberapa siswa kurang paham akan konsepnya. Memang untuk materi yang diujikan kali ini saya tidak terlalu menjelaskan dengan dalam, hanya dasar-dasarnya saja. rupanya siswa saya tidak bisa mengikuti gaya ngajar baru saya. jadi harus direvisi deh cara ngajarnya…

beberapa pelajaran moral saya petik pagi ini

  1.  mudah menurut anda, belum tentu mudah untuk orang lain
  2. kalo ingin mendapatkan hasil evaluasi yang bagus, lakukan ulangan jangan ujian. sebab dalam hal ini sedikit berbeda. (baru nyambung dengan judul). ulangan lebih bersifat mengulang. sedangkan ujian merupakan penerapan konsep-konsep yang telah dipelajari. mungkin kasusnya belum pernah diberikan. tetapi alat penyelesaian kasusnya sudah tahu.

Dalam kehidupan seharu-haripun kita selalu menghadapi ujian (bukan ulangan).. mungkin beberapa ulangan.. tetapi lebih banyaknya ujian. begitupun hari ini. siswa-siswi saya, saya uji dengan satu set soal. dan Allah menguji saya dengan hasil ujian siswa-siswi yang kurang memuaskan.

Bagaimana dengan ujian anda?


Selamat Hari Guru

November 25, 2008

Hari ini hari guru… suer… baru ngeh setelah ada siswa saya yang ngirim SMS… memang tadi pagi sempet liat berita tapi nggak ada yang nyangkut dengan hari guru… SMS dari siswa saya :

“Aslkm.. P,mksh yach ats pnjarany slama nie.. Ttp chemangt buat ngjar yach.. “MET HRI GURU”.

Jujur (dari tadi juga jujur) SMS ini membuyarkan pikiran yang sedang fokus nulis tesis. tapi SMS itu justru memberikan ide untuk posting di blog ini. 

Sebagai seorang guru seharusnya inget ulang tahunnya sendiri (jangan tiru si bapak guru ini, masa ulang tahun sendiri kagak inget). parahnya saya juga kurang paham kenapa 25 november dijadikan hari guru. hehehe… 

Ulang tahun biasanya dijadikan sarana evaluasi setahun kebelakang. tetapi sebagai seorang guru, evaluasi itu dilakukan sesering mungkin, bahkan setiap hari. nggak perlu nunggu setahun. Tapi Ok lah.. kita rencanakan untuk setahun kedepan, mungkin ulang tahun adalah saat yang tepat. Bagi saya setahun kedepan dalam hal ngajar mengajar harus :

  1. bisa mengajar lebih baik lagi
  2. bisa menjaga hubungan baik dengan siswa dan rekan-rekan guru
  3. bisa memperbaiki akhlak siswa yang masih jauh dari nilai-nilai Islam (uh… berat sekali – sambil menyeka keringat di kening)
  4. hmmmm apa lagi ya… yang pasti lebih wise aja…

Do’akan ya supaya harapan ini bukan hanya sekedar tulisan menghiasi blog, tetapi dapat benar-benar direalisasikan…

(makasih ya Astri… sudah mengingatkan hari guru)


Kecerdasan Anda…

November 21, 2008

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Howard Gardner mengusulkan bahwa seseorang dapat memiliki berbagai kecerdasan, teorinya kemudian dikenal dengan Multiple Intelligence. Teori Multiple Intelligence menjelaskan 8 kecerdasan yang dapat dimiliki oleh seseorang, yaitu :

  1. Kecerdasan linguistik, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan verbal. Orang yang memiliki kecerdasan linguistik cenderung piawai dalam menulis, membaca, berbicara, dan juga berdebat.
  2. Kecerdasan logika matematika, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam perangkaan, pengenalan pola, dan bermain dengan argumentasi yang logis.
  3. Kecerdasan spasial, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan untuk berpikir secara ‘meruang’ atau menciptakan dan menyususn kembali suatu citra atau situasi tertentu. Orang yang memiliki kecerdasan ini akan piawai dalam menggambar.
  4. Kecerdasan musikal, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan seseorang menciptakan irama.

http://www.newhorizons.org

  1. Kecerdasan kinestetik, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan seseorang menggerakkan tubuh atau hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas fisik.
  2. Kecerdasan interpersonal, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk menjalin hubungan dengan orang lain.
  3. Kecerdasan intrapersonal, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam memahami dirinya. Orang uang memiliki kecerdasan ini mampu merenungkan dirinya dan kemudian mengekspresikan dirinya secara kuat.
  4. Kecerdasan naturalis, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan bergaul dengan alam secara harmonis.

Anda temasuk orang yang memiliki kecermasan menonjol (lebih) yang mana?


Sakit langganan

November 19, 2008

Sariawan a.k.a stomatitis aphtosa a.k.a barusuh adalah luka pada selaput lendir di dalam mulut. Mula-mulanya kecil, tapi pada titik klimaksnya akan didapati luka cekung yang besar dan berwarna putih. wuihhhh perih sekali. Anda tentu pernah mengalaminya bukan? kalo yang belum pernah, bersyukurlah.. karena makanan enak sekalipun tidak akan terasa nikmat.

Sariawan ini disebabkan karena defisiensi vitamin C dan atau zat besi. Vitamin C banyak diperoleh dari buah-buahan, sedangkan zat besi banyak terdapat dalam bayam atau kangkung. Selain itu, juga bisa disebabkan karena jarang minum (kalo yang ini saya nggak nemu penjelasan ilmiahnya). jadi kalo Anda termasuk orang yang jarang makan buah-buahan, jarang makan makanan yang mengandung zat besi, dan jarang minum, maka bersiaplah untuk merasakan kepedihan dalam mulut anda..

Dan hebatnya (“hebat” karena saya tahu apa itu sariawan dan penyebabnya) justru penyakit ini (kalo boleh dibilang penyakit) yang melanggan dalam mulut saya. Mungkin sebulan sekali saya akan merakan ‘nikmatnya’ sariawan. kalo udah kena, wah pasti banyak-banyak makan buah… mangga, jeruk dll bisa abis sendirian. Dan saat ini, sariawan saya mungkin yang terparah, kalo diukur diameter lobang sariawannya, lebih dari setengah centi. wahhhh perih pisan….

Dan sungguh malang nasib saya… kalo udah sakit kayak gini, perihny luar biasa, nggak bisa makan, ngomong aja nggak enak… eh…. nggak ada yang jenguk pula…. 😦


Maaf terlambat

November 19, 2008

Hari senin kemarin juga hari senin kelabu bagi saya… tapi mungkin tidak sekelabunya mang kumlod… Hampir seharian coba untuk posting di WP selalu gagal. padahal saya mencoba di beberapa tempat… pake koneksi wayerles di laptop, atau pake lan… ah… selalu gagal saja… di sekolah atau pun di tempat lainnya… gagal… sehari itu hanya bisa blogwalk aja dan memberikan beberapa komentar…

padahal ada yang musti diposting saat itu. padahal kalo saja saya posting hari senin, sebenarnya sudah terlambat.. apalagi sekarang (rabu).. tapi daripada nggak ya saya paksakan posting aja.
Hari senin itu saya ingin mengabarkan pada semua blogger di segenap penjuru dunia innniiiii

faqih-2

Maaf terlambat..