Sakit langganan

Sariawan a.k.a stomatitis aphtosa a.k.a barusuh adalah luka pada selaput lendir di dalam mulut. Mula-mulanya kecil, tapi pada titik klimaksnya akan didapati luka cekung yang besar dan berwarna putih. wuihhhh perih sekali. Anda tentu pernah mengalaminya bukan? kalo yang belum pernah, bersyukurlah.. karena makanan enak sekalipun tidak akan terasa nikmat.

Sariawan ini disebabkan karena defisiensi vitamin C dan atau zat besi. Vitamin C banyak diperoleh dari buah-buahan, sedangkan zat besi banyak terdapat dalam bayam atau kangkung. Selain itu, juga bisa disebabkan karena jarang minum (kalo yang ini saya nggak nemu penjelasan ilmiahnya). jadi kalo Anda termasuk orang yang jarang makan buah-buahan, jarang makan makanan yang mengandung zat besi, dan jarang minum, maka bersiaplah untuk merasakan kepedihan dalam mulut anda..

Dan hebatnya (“hebat” karena saya tahu apa itu sariawan dan penyebabnya) justru penyakit ini (kalo boleh dibilang penyakit) yang melanggan dalam mulut saya. Mungkin sebulan sekali saya akan merakan ‘nikmatnya’ sariawan. kalo udah kena, wah pasti banyak-banyak makan buah… mangga, jeruk dll bisa abis sendirian. Dan saat ini, sariawan saya mungkin yang terparah, kalo diukur diameter lobang sariawannya, lebih dari setengah centi. wahhhh perih pisan….

Dan sungguh malang nasib saya… kalo udah sakit kayak gini, perihny luar biasa, nggak bisa makan, ngomong aja nggak enak… eh…. nggak ada yang jenguk pula…. 😦

11 Responses to Sakit langganan

  1. Odie says:

    wadyuh…PW tuh bos…PWerih Bwangged…
    banyak banyak minum bisa jadi obat termurah bos…
    biar gak panas dalam katanya… πŸ˜€
    “Sok Tau Mode On”

    ekopH :
    iya, tuh… minum air putih yang banyak jadi obat termurah, tapi jadi sering kebelakang (hayo ngapain kebelakang?)

  2. mang kumlod says:

    Waduh… sampe begitu, Ko.
    Keknya lagi musim yak, Auzi juga sariawan…

  3. Rita says:

    Make abotyl biar mateng dan oilang sakitnya……
    Sebulan sekali?. berarti dikit2 sariawan, dikit2 sariawan…. sariawan ko’ dikit heheh.. sorry…:D

    ekopH :
    sariawannya nggak dikit-dikit kok, udah banyak, kebanyakan malah…

  4. Oemar Bakrie says:

    Selain kurang vitamin C kayaknya sariawan bisa juga karena stress, tapi ini pengalaman pribadi dan hasil diagnosa sendiri … Soalnya setiap kali sedang banyak pekerjaan menumpuk saya jadi sariawan, mungkin juga terus lupa minum vitamin C … hehehe

    ekopH :
    bisa jadi pak, sebab sekarang saya lagi nulis tesis dan dikejar deadline… mohon doanya ya pak

  5. namada says:

    hehe..sariawan emang nyusahin..sama nyusahinnya dgn sakit gigi 😦

  6. Dunia Ely says:

    aduh … nggak kebayang sakit sariawan …. makan jadi tak enak 😦

    moga cepet sembuh ya πŸ™‚

  7. saya juga lagi kena penyakit langganan nich…..

    kemasukan angin,,,,,,,padahal harus melek malam mulu ngurusin kerjaan tapi gak apa2 kalo gak sakit malah bisa bikin sombong

    salam ach biar gak lupa

  8. namakuananda says:

    hah… lubang dia.meter sariawan 1/2 cm,
    aduh… sakit banget ya?
    sakit malah ditanya πŸ™‚
    semoga cepet sembuh.

    salam

  9. wyd says:

    saya dulu juga gitu karena kelainan darah terhadap efek vit C.
    tiap hari aja konsumsi vit C, kalau males ngeblender buah, apalagi makan sayur. sorry, saya bukan sales obat lagi promosi lohhh

  10. Husni says:

    dan setelah membaca ini besoknya salah langsung sariawan :DD

  11. Husni says:

    *saya langsung sariawan*

Leave a comment